BSIP Riau Ikuti Sharing Knowledge Strategi Branding Lembaga
Sharing Knowledge Strategi Branding Lembaga menjadi salah satu materi Raker Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) yang digelar di Malang, Jawa Timur (29/09/2023).
Narasumber dari Vice President Bank Mandiri (Nyoman Agus Nugraha), Dirut PT. Bumi Sari Teknologi (Ir. Adhie Widihartho), Arif Cahyono, M.Si dari Biro Humas dan Informasi Publik, Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian.
Menurut Nyoman Agus Nugraha, target branding Mandiri University adalah internal branding untuk meningkatkan persepsi dan pemahaman pegawai terhadap pentingnya kontribusinya untuk pengembangan institusi. Mandiri University ingin memberi pemahaman bahwa institusi memberikan support penuh untuk peningkatan kompetensi pegawai sehingga dapat bekerja lebih fokus.
Kompetensi pegawai sangat dipengaruhi oleh pegawai itu sendiri, atasan langsung, serta human capital. Pogram pengembangan kompetensi pegawai harus selalu dipantau oleh bagian SDM.
Arif Cahyono, M.Si menyampaikan bahwa branding adalah kegiatan komunikasi dalam menciptakan karakter atau identitas yang diperlukan untuk menciptakan atau mempertahankan citra yang menghadirkan nilai nilai produk/lembaga/organisasi kepada konsumen. Tujuan branding adalah (1) membangun persepsi masyarakat, (2) membangun rasa kepercayaan yang kuat, dan (3) membangun keterikatan antara lembaga dan masyarakat.
Branding bukan lebih dari sekedar nama, logo, dan tagline, tetapi mencakup personal branding, product branding, corporate branding, dan services branding